Get me outta here!

Rabu, 13 April 2016

Perubahan Nomenklatur Analis Kesehatan Menjadi ATLM

 
Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia dan Hari Ulang Tahun Patelki ke 29 tahun, maka pada tanggal 20 - 26 Mei 2015 diselenggarakanlah Pekan Tenaga Laboratorium Medik (TLM). Pekan TLM ini baru pertama kalinya diadakan di Indonesia, bertujuan untuk lebih mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai profesi tenaga laboratorium medik dengan berbagai kegiatan yang masyarakat pun bisa ikut berpartisipasi dalam pekan TLM ini. Patelki dahulunya adalah singkatan dari Persatuan Analis Laboratorium Kesehatan Indonesia, yang merupakan wadah organisasi dari para lulusan pendidikan analis kesehatan di Indonesia, namun kini singkatan dari Patelki adalah Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik. Perubahan ini dikarenakan penyebutan nama ‘Analis Kesehatan’ sudah tidak digunakan lagi perubahan nomenklatur analis kesehatan menjadi ATLM itu sesuai dengan UU Nomor 36 Tahun 2014 Pasal 11 Ayat (1) dan (12).
Dalam UU itu disebutkan jenis tenaga kesehatan yang termasuk kelompok tenaga teknik biomedika terdiri atas radiografer, elektromedis, ahli teknologi labratorium medik, radioterapis, dan ortotik prostetik. Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) adalah nama yang digunakan bagi seseorang yang berprofesi di laboratorium medik, melakukan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, pengujian terhadap bahan pemeriksaan yang berasal dari manusia atau pun bukan dari manusia sehingga bisa menentukan jenis penyakit, penyebab penyakit, membantu memantau proses penyembuhan penyakit seseorang.

Bukan namanya saja yang diganti. Level KKNI-nya pun sudah diupgrade dari level 5 (Diploma III) menjadi 6 (Diploma IV/Sarjana).
Artinya apa? Standar pendidikan Teknologi Laboratorium Medik (dulunya Analis Kesehatan) akan dinaikkan menjadi Diploma IV. Efeknya lagi, dengan perubahan ini nama dan level KKNI akan berpengaruh pada sistem gaji, jenjang karir dll. Kesejahteraan Teknologi Laboratorium Medik dapat ditingkatkan.





Sumber:
  • http://www.kompasiana.com/indahnoing/pekan-teknologi-laboratorium-medik-pertama-di-indonesia_555671f36523bd1039994a0a 
  • http://www.patelki.or.id/kegiatan/kegiatan-patelki-wilayah/132-nomenklatur-analis-kesehatan-berganti-menjadi-ahli-teknologi-laboratorium-medik 
  • http://www.burungkumkum.com/2014/09/perubahan-nomenklatur-program-studi.html

0 komentar:

Posting Komentar